Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah membuat sabun herbal sendiri (cold process)

Membuat sabun adalah sebuah hobi yang bisa di tekuni dan mungkin juga bisa menjadi ladang rezeki bagi pembuatnya. Ada begitu banyak cara untuk menerapkan resep resep untuk membuat sabun, sehingga anda akan jarang membuat sabun yang sama dua kali! Setelah Anda terbiasa, Anda tidak akan pernah ingin kembali lagi ke toko untuk membeli sabun lagi karena begitu mudahnya anda membuat sabun dengan kualitas yang lebih alami, herbal, sehat dan tentunya lebih hemat.
cara mudah membuat sabun sendiri

Ada 2 cara proses pembuatan sabun
1. Cold Process (proses dingin)
2.  Hot Process (proses panas)

 Apa itu sabun proses dingin? Sabun proses dingin dibuat tanpa panas eksternal yang diterapkan padanya, sedangkan sabun proses panas paling sering dimasak dalam crockpot untuk mempercepat proses pembuatan sabun.

Catatan: Banyak orang takut membuat sabun karena melibatkan penanganan alkali. Lye (alkali) membutuhkan kehati-hatian, Jadi sebaiknya gunakan sarung tangan dan jika perlu pelindung mata yang kedap air agar terhindar dari percikan atau juga untuk pegang larutan alkali. JANGAN melibatkan anak-anak Anda dalam kegiatan ini. Timbangan digital yang akurat juga sangat penting! Jangan mengukur bahan-bahan pembuatan sabun berdasarkan volume (cangkir, sendok makan, dll) karena tidak cukup akurat. Baik! Sekarang, kita sudah siap untuk mulai belajar cara membuat sabun!

12 Langkah mudah untuk membuat sabun (cold process)

1. Pilih resep dan gunakan kalkulator alkali ini untuk menerapkan resep anda. Anda dapat menemukan banyak resep membuat sabun yang benar di buku buku dan kita juga akan bahas ini nanti di blog ini. Menjalankan resep melalui kalkulator alkali adalah penting jika Anda memutuskan untuk melakukan perubahan, karena setiap jenis minyak memerlukan jumlah alkali yang berbeda untuk disabunkan (berubah menjadi sabun.) Jadi, jika Anda kehabisan minyak jarak yang diminta dalam resep dan ingin menggunakan shea butter sebagai gantinya, Anda mungkin akan membutuhkan jumlah alkali yang berbeda atau sabun Anda akan menjadi terlalu keras atau terlalu lembek. Cukup masukkan resep Anda ke tempat kosong (kalkulator alkali) dan hitung alkali yang dibutuhkan. Saya suka menggunakan superfat 5 atau 6% untuk sebagian besar resep


2. Menyiapkan bahan dan peralatan keamanan. Ada banyak vendor online untuk membeli bahan bahannya seperti Lye, minyak, dll. Tetapi Anda juga bisa cek di toko toko sekitar anda, toko kimia dan mungkin juga apotik setempat. Jangan lupa Anda mungkin akan membutuhkan sarung tangan tahan panas, kacamata keselamatan dan termometer serta bahan-bahan kimia. Baca dan Periksa semua peralatan dan kelengkapan yang dibutuhkan untuk Membuat Sabun sebelum memulai.


3. Siapkan cetakan.
Jika menggunakan cetakan kotak roti, lapisi dengan kertas freezer atau kertas roti. Bisa juga menggunakan cetakan kayu buatan sendiri, tetapi banyak juga yang menjual cetakan secara online maupun konvensional dengan banyak varian bahan dan model.

 4. Timbang airnya.
Pertama, ukur air menjadi wadah stainless steel atau plastik polypropylene (simbol daur ulang 5). [CATATAN: Dulu saya pernah menggunakan gelas atau pyrex, tapi terkadang pecah, jadi saya tidak lagi menggunakannya untuk langkah ini.] Tandai wadah agar agar tidak dimasukkan ke dalam lemari es atau tempat seseorang mungkin mengira itu sebagai minuman. Semua bahan sabun harus ditimbang dengan skala digital, ini termasuk cairan. Berat minyak dan alkali harus tepat. Untuk cairan, kita memiliki sedikit ruang untuk bermain. Saya suka menggunakan jumlah air / cairan yang dikurangi sehingga sabun non kelapa sawit saya mengencang lebih cepat dan lebih mudah dilepas.

5. Timbang alkali.
(Kenakan sarung tangan dan kacamata ) gunakan gelas plastik bekas, beri label "Lye" agar aman tidak sampai keliru. Tuangkan perlahan dan hati-hati lalu segera tutup kembali wadah alkali(Lyr) dan letakkan jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Bersihkan area tersebut dengan tisu basah untuk memastikan semua sisa cipratan yang tumpah saat Anda tuangkan tidak ada dan bersih.

6. Tuang larutan alkali ke dalam air.
Sebaiknya lakukan ini ditempat terbuka dan bermasker atau setidaknya yang tidak ada api dan mudah di bersihkan seperti wastafel dapur. Pastikan Anda menuangkan larutan alkali ke dalam air yang dingin atau tidak lebih hangat dari suhu kamar. *Selalu tambahkan alkali ke cairan dan bukan sebaliknya*.  Lye + air menyembur hingga lebih dari 95° dengan sangat cepat, jadi berhati-hatilah saat memegang. Jauhkan wajah Anda untuk menghindari langsung menghirup uap. Aduk dengan sendok plastik atau adukan karet hingga sepenuhnya larut dan diletakkan di tempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, hingga dingin hingga sekitar 30° hingga 45°.


7. Timbang dan panaskan minyak, mentega atau lemak.
Lakukan ini selagi larutan alkali mendingin. Anda dapat memanaskan semuanya bersama-sama dalam pot sabun stainless steel dan kemudian biarkan dingin hingga 30°C hingga 45°C.


8. Monitor suhu & gabungkan.
Cobalah agar minyak dan larutan alkali suhunya cukup dekat satu sama lain, tetapi tidak apa-apa jika 4 atau bahkan 8 derajat berbeda. Suhu adalah pilihan subjektif dan personal yang bervariasi di antara para pembuat sabun. Setelah suhu yang diinginkan tercapai, tuangkan larutan alkali ke dalam wadah berisi minyak dan mentega. foto ini menunjukkan adonan sabun proses dingin pada skala sedang.


9. Blend sampai trace.
Dengan menggunakan blender stik, sambil di blender campur adonan sabun sedikit demi sedikit sampai tercampur semua. Sesekali aduk dengan tangan dan blender dimatikan. Jangan menjalankan blender stick terus menerus atau Anda dapat membakar motor dan sabun Anda akan trace terlalu cepat. Seharusnya hanya perlu beberapa menit saja.
Blender stick Anda harus digunakan secara khusus untuk pembuatan sabun dan bukan untuk membuat makanan. Setelah trace tercapai, tambahkan tambahan seperti madu, oatmeal, pewarna alami, minyak esensial dll, dan aduk pakai tangan sampai semuanya dimasukkan.


10. Tuang adonan sabun ke dalam cetakan.
Anda harus cepat, tuangkan sabun ke dalam cetakan yang sudah disiapkan, ratakan bagian atas dengan spatula karet atau sendok kayu jika diperlukan. Ambil cetakan dan ketok ketok di atas meja atau permukaan meja untuk membantu menghilangkan gelembung udara kecil yang mungkin terbentuk. Sabun masih dalam proses pada saat ini, jadi tetap pakai sarung tangan Anda dan waspadalah bahwa adonan sabun dapat membakar kulit Anda. Jika itu terjadi, bilas sampai bersih dengan air dingin.


11. Memeriksa sabun pada proses gel.
Tutup dan isolasi cetakan. Ini membuat sabun tetap hangat sehingga bisa melewati fase gel dan menyelesaikan penyabunan. (Jika membuat sabun dengan susu, perlu perawatan khusus dan tidak perlu ditutup. Biarkan tidak terganggu selama sekitar 24 hingga 36 jam. (Tidak apa-apa untuk mengintipnya setiap sesekali dan memeriksa. Jika Anda melihat pecah terbentuk di atasnya, itu berarti sabun terlalu panas dan harus dibuka.)


12. memotong sabun proses dingin buatan tangan dengan pemotong sabun kayu
 Buka cetakan dan potong sesuai keinginan. Anda dapat memotong sabun segera atau kapan saja. Saya suka melakukannya segera setelah membuatnya, saat sabun masih mudah dipotong. Gunakan pisau atau Anda dapat menggunakan pemotong sabun kawat seperti yang ditunjukkan di atas. Biarkan batang sabun terkena udara bebas di atas selembar kertas lilin, sesekali balik, setidaknya selama 4 minggu. Dan itulah cara membuat sabun Anda sendiri, dari awal! Selamat mencoba.

Post a Comment for "Cara mudah membuat sabun herbal sendiri (cold process)"