Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara termudah untuk memulai sebuah usaha yang sukses

Tidak ada yang seperti berada di tempat yang tepat di waktu yang tepat. Perusahaan besar dan pintar menghabiskan banyak uang untuk riset dan pengembangan untuk memastikan bahwa penawaran mereka mutakhir dan memastikan mereka tidak melewatkan peluang baru yang menguntungkan.

Secara tradisional, praktik ini telah menjadi landasan tunggal perusahaan riset kualitatif dan kuantitatif, tetapi tidak lagi. Lagi pula, tidak ada yang mengantisipasi bahwa prediksi tren itu sendiri akan menjadi tren.

 Tentu saja, memperkirakan dan menganalisis tren bukanlah hal baru. Apa yang baru adalah kemunculan dan adopsi yang luas dari kecenderungan tren oleh sekelompok orang sebagai bagian dari proses inovasi mereka dan sebagai cara untuk mengantisipasi apa yang diinginkan pelanggan mereka di masa depan.

Mengapa sekarang ini terjadi? Banyak pemimpin bisnis telah kehilangan kepercayaan pada metodologi penelitian konsumen tradisional, terutama ketika diterapkan pada inovasi. Apakah Borders melihat Amazon datang? Kenapa tidak? Mengapa Blockbuster tidak bereaksi terhadap awal kemunculan Netflix? Bagaimana seluruh industri hiburan kehilangan musik digital? Apa yang terjadi sekarang adalah konvergensi teknologi dan akselerasi bisnis yang meningkat dan ini mendorong pencarian para eksekutif senior untuk kepastian dan keamanan dalam dunia bisnis yang tidak pasti. Masalahnya adalah mereka begitu fokus pada bisnis sehari-hari mereka, mereka mungkin tidak melihat tren yang akan mengganggu di masa yang akan datang. Di situlah Anda masuk.

Jika Anda ingin menjadi ahli brand dan pemasaran atau mungkin memulai sebuah perusahaan, Anda lebih baik dapat memahami apa yang terjadi hari ini dan bagaimana hal itu dapat berdampak besok.

 Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi trend spotter (peramal trend) yang lebih baik:

1. Jadilah pembaca yang lebih baik.
Secara teratur, baca berita dan situs web terkemuka yang memengaruhi bisnis Anda. Ini dapat mencakup publikasi industri, situs asosiasi perdagangan, surat kabar utama, majalah bisnis utama, ahli dan blogger berpengaruh. Begitu banyak tren dimulai dari luar negeri atau kota besar (Jakarta, London, Paris, Tokyo, Seoul, Singapore, Los Angeles, New York, dll), jadi pastikan Anda membaca tentang apa yang terjadi di kota-kota yang sering menjadi trendcenter.

Pada awalnya, kumpulkan informasi dari berbagai sumber dari berita internasional maupun Lokal sampai blogger yang berfokus pada aspek spesifik industri Anda. Jelas, ada tsunami informasi yang tersedia disana.

 Gunakan alat teknologi seperti RSS feeds, buletin email, Google Alerts atau Twitter dll untuk menopang semuanya supaya mendapatkan info yang Anda inginkan dengan lebih cepat. Anda akan dengan cepat mempelajari dan memilih sumber mana yang berharga atau yang harus Anda buang.

2. Berbicara trend dengan orang lain. 
Berbicara dengan orang lain adalah taktik mencari trend yang juga tak kalah penting. Mulailah dengan terlibat dalam asosiasi perdagangan industri fokus Anda dan menghadiri acara-acara baik online maupun offline. Buat jaringan dengan pemasar lain, baik masuk maupun keluar dari industri Anda. (Anda akan mendapatkan banyak wawasan tren yang sangat berharga dengan berbicara dengan orang-orang di industri yang sangat berbeda)

 Manfaatkan alat jejaring sosial seperti LinkedIn, Instagram, dll. Mulai atau bergabung dengan grup di jaringan dan lihat apa yang ramai dibicarakan orang. Jangan segan untuk diskusi dan ajukan pertanyaan tentang trend yang Anda lihat dan mintalah umpan balik atau komentar. Juga, perhatikan pesaing untuk melihat apa yang mereka lakukan.

3. Memantau Trend. 
Sempatkan untuk keluar melihat pasar. Tandai ke mana target pelanggan Anda nongkrong secara teratur. Jika pelanggan Anda remaja, itu mungkin mall lokal, tempat tempat lainnya. Dengan mempertimbangkan apa yang terjadi pada mall sekarang, adakah trend? Jika mereka adalah pebisnis, mungkin itu adalah restoran "power lunch" di kawasan ini atau pusat restoran office park.

Luangkan waktu hanya untuk memantau dan mengamati. Apa yang orang makan, lakukan, pakai, gunakan? Toko atau restoran apa yang menarik orang banyak dan mana yang sepi pelanggan? Pameran dagang adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan ide tren, bahkan jika Anda tidak ingin membeli apa pun, ada baiknya menghadiri pameran dagang tertentu untuk sekadar melihat apa yang mungkin terjadi selanjutnya. Pikirkan tentang tren. Ketika Anda mulai secara teratur mengumpulkan semua informasi ini, Anda akan mulai mengembangkan "mind-spotter mind."

Ketika Anda menyerap dan merenungkan apa yang telah Anda baca, dengar, dan amati, Anda akan mulai membuat koneksi dan pengamatan yang akan mengarah pada wawasan yang meningkatkan bisnis. Berita tentang meningkatnya minat pada makanan nabati, produk herbal dan alami, pertumbuhan pengiriman gratis dan layanan pengiriman, populasi milenial yang menghidupkan trend itu sekarang, memunculkan industri baru pengiriman makanan untuk pekerja atau rumahan.

Untuk melihat ke depan, Anda perlu melihat ke belakang juga (mungkin sepuluh tahun terakhir) untuk melihat apa yang telah terjadi dalam suatu industri dan kemudian menciptakan dan menghubungkan titik-titik "masa depan". Nah, lebih waspada dan kumpulkan banyak titik. Mungkin Anda dapat menghubungkan mereka dan Anda akan dapat melihat ke depan. Satu hal yang pasti dapat Anda lakukan adalah cukup mudah; menjadi lebih ingin tahu. Berikan perhatian khusus pada dua kelompok populasi besar, Gen Z dan Millennial dan perhatikan apa yang mereka lakukan dan konsumsi. Sekian semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara termudah untuk memulai sebuah usaha yang sukses"