Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Algoritma YouTube Untuk SEO

Sebagai Youtuber kamu juga wajib tahu bagaimana Algoritma Channel YouTube bekerja. Hal itu sangat penting untuk bisa menarik sekaligus mempertahankan audiens kamu. Kamu harus memahami dan belajar Algoritma YouTube terbaru untuk menghadapi persaingan konten YouTube yang sangat ketat.

Bagian dari platform YouTube yang berperan dalam menampilkan video relevan adalah: langganan, video yang disarankan, penelusuran, tren, dan beranda. Pemirsa akan betah tetap berada di Channel YouTube untuk waktu yang lebih lama karena algoritme YouTube membantu mereka menonton dan menikmati video.

Seo Youtube

Untuk menentukan Channel dan Video paling populer, YouTube melacak keterlibatan pengguna dengan setiap video yang mereka tonton dengan mengenali metrik seperti waktu rata-rata yang dihabiskan untuk menonton setiap video, like, dislike, video yang ditonton, dan apa yang tidak ditonton oleh penonton YouTube.

Karena algoritme YouTube akan lebih memberi bobot pada metrik keterlibatan, kamu seharusnya membuat video dengan semenarik mungkin. Namun hal berbeda juga digunakan oleh YouTube untuk menentukan peringkat video di bagian lain dari platformnya.

Mari kita bahas algoritma YouTube dengan bagian-bagian nya berikut ini

1. Pencarian YouTube

Keyword atau Kata kunci dan Relevansi menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi peringkat video channel kamu di pencarian YouTube. Kamu harus selalu optimalkan konten, judul, dan deskripsi jika ingin peringkat video kamu selalu nangkring di bagian atas dalam pencarian YouTube.

Perlu juga diketahui bahwa Pencarian YouTube juga mempertimbangkan jumlah video channel YouTube kamu dan video lain (dari niche yang sama dengan video channel kamu) yang ditonton oleh pemirsa.

2. Subscriber Chanel YouTube

Fitur langganan pada YouTube akan membantu pemirsa untuk menonton semua video terbaru yang diupload dari chanel YouTube langganan mereka. Pelanggan channel YouTube kamu akan menonton video setelah video dipublikasikan. Ini juga digunakan sebagai pengukuran untuk menentukan peringkat di platform YouTube. Peringkat video kamu di bagian ini juga bergantung pada jumlah pelanggan aktif di channel YouTube kamu tentunya.

3. Fitur Trending

Video paling populer dan baru di suatu negara tertentu disebut sebagai 'Laman Trending'. Disini YouTube lebih mempertimbangkan tingkat pertumbuhan penayangan (untuk video original) dan jumlah penayangan untuk setiap video yang terkategori karena YouTube ingin menyeimbangkan antara orisinalitas dengan popularitas setiap kali algoritmanya memeringkat satu video di bagian 'Trending'.

4. Fitur Video yang Disarankan

Algoritme YouTube akan otomatis memberi saran video yang dipersonalisasi untuk setiap pemirsanya. Dengan demikian, setiap orang akan memiliki pengalaman YouTube yang berbeda dengan pemirsa yang lain.

Di bagian ini, YouTube akan menentukan video yang relevan setelah menganalisis riwayat aktivitas penonton. Selanjutnya, video diberi peringkat berdasarkan pengguna serupa berdasarkan tingkat kepuasan, keterlibatan, berapa kali video ditonton oleh setiap pemirsa dan jumlah penayangan dari setiap video YouTube. Pemirsa akan otomatis diberikan saran dari berbagai channel YouTube dan dengan demikian mereka akan melihat lebih banyak konten di platform YouTube.

Cara Optimasi Video YouTube untuk Algoritma YouTube Terbaru

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan riset kata kunci dan menambahkan kata kunci yang relevan ke file thumbnail, deskripsi, tag, judul, file video dan file SRT (SubRip Text atau Subtitle) kamu. Disini kamu disarankan untuk memahami dan menerapkan Tutorial SEO YouTube untuk mendapatkan lebih banyak Viewer di channel YouTube kamu.

Kamu harus mengakses YouTube Analytic, Jangkauan, Penelusuran YouTube agar dapat menganalisis kata kunci paling populer yang  akan membantu mengarahkan penonton ke video YouTube kamu. Disarankan agar kamu bisa membuat sedikit perubahan dalam pengoptimalan video setelah kamu mempelajari korelasi antara kategori video kamu dan kata kunci yang telah kamu riset.

Buatlah Gambar Thumbnail yang menarik untuk setiap video untuk bisa menarik perhatian penonton YouTube dan menghasilkan keterlibatan. Thumbnail adalah faktor yang sangat penting untuk dapat menarik pemirsa untuk menonton video YouTube kamu. Pastikan kamu membuat Thumbnail dengan latar belakang dan latar depan yang berbeda dan mencolok agar membuatnya lebih menarik perhatian. Setelah pemirsa mulai menonton video kamu, kamu bisa melibatkan mereka lebih jauh dengan mendorong keterlibatan dan memublikasikan serangkaian video di chanel YouTube.

Pertimbangkan juga metrik keterlibatan pemirsa seperti durasi sesi rata-rata, durasi tonton rata-rata, waktu tonton, tingkat kepuasan penonton, dan persentase tontonan rata-rata untuk mengukur performa video kamu. Kamu juga bisa mempopulerkan channel YouTube kamu dengan membuat video tentang topik yang paling banyak menghasilkan keterlibatan di Like dan Komentar di Channel kamu.

Demikian Cara kerja Algoritma YouTube terbaru untuk mengoptimalkan Channel YouTube kamu agar YouTube mendapatkan banyak subscribe dan agar Channel YouTube mendapatkan banyak Viewer. Dengan langkah dan metode yang tepat tentunya kamu tidak akan ketinggalan dan disalip oleh kompetitor atau Youtuber lain dalam meraih kesuksesan sebagai Youtuber dengan mendapatkan Uang dan penghasilan dari YouTube kamu. 

Post a Comment for "Cara Kerja Algoritma YouTube Untuk SEO"